Tupoksi

1. Tugas Pokok
Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Jepara mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Koperasi, dan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan Pengelolaan Pasar.
Perincian tugas pokok Susunan Organisasi dinas :
a. Kepala Dinas
Memimpin dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas.
b. Sekretariat
Melaksanakan kegiatan surat menyurat, perjalanan dinas, perlengkapan, kepegawaian, keuangan, kearsipan, pemeliharaan dan penyusunan program, evaluasi dan laporan.
b. 1. Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi
 Menyusun rencana dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan serta laporan instansi.
b. 2. Sub Bagian Keuangan
 Melaksanakan administrasi penataan usahaan keuangan, pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban administrasi keuangan.
b. 3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
 Menyelenggarakan urusan surat menyurat, kearsipan, kerumahtanggaan, perjalanan dinas, perlengkapan dan kepegawaian.

c. Bidang Koperasi
Merencanakan dan melakukan bimbingan teknis, pembinaan serta pengembangan sarana, usaha serta pemantauan dan evaluasi kegiatan koperasi.
c. 1. Seksi Kelembagaan dan Usaha
 Mempersiapkan bahan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan kebijaksanaan pembinaan serta pengembangan sarana, usaha serta pemantauan dan evaluasi kegiatan di bidang kelembagaan dan usaha koperasi.
c. 2. Seksi Fasilitasi dan Pembiayaan
 Mempersiapkan bahan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan kebijaksanaan pembinaan serta pengembangan sarana, usaha pemantauan dan evaluasi kegiatan di bidang fasilitasi dan pembiayaan koperasi.
d. Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM )
Merencanakan dan melaksanakan bimbingan teknis dan pembinaan, serta pengembangan sarana, usaha serta pemantauan dan evaluasi kegiatan usaha mikro kecil menengah ( UMKM ).
d. 1. Seksi Pemasaran :
 Mempersiapkan bahan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan kebijaksanaan pembinaan serta pengembangan sarana, usaha seta pemantauan dan evaluasi kegiatan di bidang pemasaran.
d. 2. Seksi Produksi :
 Mempersiapkan bahan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan kebijaksanaan pembinaan serta pengembangan sarana, usaha serta pemantauan dan evaluasi kegiatan di bidang produksi.
e. Bidang Pengelolaan Pasar
Melaksanakan penataan pedagang, penetapan, penagihan dan penyelesaian keberatan dan besarnya wajib retribusi pasar dan retribusi PKL, pengelolaan kebersihan dan ketertiban pasar, pemeliharaan bangunan, kios, kios dalam los / kios serta pengawasan keamanan pasar.
e. 1. Seksi Penataan dan Pemeliharaan Pasar :
 Penyusunan pedoman/petunjuk teknis pelaksanakan tugas pengelola pasar, melakukan pengaturan penempatan los / kios bagi pedagang, penetapan penagihan dan penyelesaian keberatan atas besarnya wajib retribusi, pelayanan perijinan los / Kios pasar, pemeliharaan bangunan los/kios serta penyuluhan yang berkaitan dengan pengelolaan pasar.
e. 2. Seksi Keamanan, Ketertiban dan Kebersihan Pasar :
 Melaksanakan pengawasan dan pelaksanaan atas keamanan pasar, ketertiban pedagang pasar dan pemeliharaan kebersihan pasar.
e.3. Seksi Penetapan, Penagihan dan Pelaporan Retribusi Pasar
 Melaksanakan penetapan, penagihan, pelaporan dan Penyelesaian kewajiban retribusi pasar dan retribusi PKL
2. Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugas, Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar mempunyai fungsi :
2.1. Perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkungan tugasnya.
2.2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum sesuai dengan lingkup tugasnya.
2.3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya
2.4. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya